Mitra dagang utama AS telah mengutuk Presiden Donald

Mitra dagang utama AS telah mengutuk Presiden Donald Trump karena telah menandatangani tarif baru untuk impor baja dan aluminium.

China menggambarkannya sebagai “serangan serius” terhadap sistem perdagangan internasional.

Menteri Perekonomian Prancis Bruno Le Maire mengatakan bahwa “hanya pecundang” dalam perang dagang.

Trump mengatakan AS telah menderita “perdagangan tidak adil” dan bahwa tarif tersebut akan mendorong industri AS.

Bea masuk – 25% untuk baja dan 10% untuk aluminium – akan mulai berlaku dalam 15 hari, meskipun Kanada dan Meksiko akan dibebaskan sementara negosiasi berlanjut melalui North America Free Trade Agreement (Nafta).

Apa link Trump, Lincoln dan Ferris Bueller?
Mengapa Trump tergantung pada perdagangan
Lima alasan mengapa perang dagang tidak mudah untuk menang
Trump menandatangani deklarasi tersebut dalam sebuah upacara di Gedung Putih yang dihadiri oleh pekerja Amerika dari kedua industri tersebut.

Media captionTrump menertawakan canggung slip-up dengan steelworkers
Apa reaksi internasionalnya?
Asosiasi baja dan logam China menuntut pembalasan, mendesak pemerintah untuk menargetkan impor AS termasuk batubara, produk pertanian dan barang elektronik.

Jepang mengatakan bahwa bea masuk akan memiliki “dampak besar” pada hubungan bilateral, sementara Korea Selatan mengancam akan membawa masalah ini ke Organisasi Perdagangan Dunia.

Kanada, pemasok baja dan aluminium terbesar ke AS, menyambut baik pembebasannya namun mengatakan akan terus menekan Washington untuk menjatuhkan tarif.

Menteri Ekonomi Meksiko, Ildefonso Guajardo, menegaskan bahwa tarif tersebut tidak dapat dikaitkan dengan pembicaraan mengenai Nafta.

Komisaris Dagang UE Cecilia Malmstroem men-tweet bahwa, sebagai sekutu dekat AS, blok tersebut harus dikecualikan dari tarif.

Pemerintah Inggris mengatakan akan bekerja sama dengan mitra UE untuk mempertimbangkan “ruang lingkup pembebasan” sementara “dengan gigih” mendukung industri Inggris.

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull mengatakan bahwa AS dapat “tidak memiliki keluhan” mengenai hubungan perdagangan bilateral mereka dan pemerintahnya akan “tanpa henti” dalam mengejar pembebasan tarif.

Bagaimana dengan di AS?
Ada oposisi kuat dari Partai Republik Republik Demokratik Trump sendiri, yang secara tradisional mendukung perdagangan bebas.

Pembicara House AS Paul Ryan mengecam langkah-langkah baru tersebut dan mengatakan bahwa dia takut akan “konsekuensi yang tidak diinginkan”.

Judul mediaPerbaik tarif: Tiga takeaways pada bom perdagangan
Senator Republik Orrin Hatch, yang memimpin Komite Keuangan Senat, mengatakan bahwa dia yakin presiden telah “disesatkan” oleh mereka yang menasihatinya di Gedung Putih.

Senator Republikan lainnya, Jeff Flake, mengatakan bahwa dia akan merancang dan memperkenalkan sebuah undang-undang untuk meniadakan tarif, menambahkan: “Saya mendesak rekan-rekan saya untuk menyebarkannya sebelum latihan proteksionisme ini menimbulkan kerusakan pada ekonomi.”

Tetapi orang-orang yang mendukung langkah Mr Trump termasuk Senator Demokrat Joe Manchin yang mengatakan bahwa “masa lalu untuk membela kepentingan kita, keamanan kita dan pekerja kita dalam ekonomi global”.

Mengapa Donald Trump melakukan ini?
Dalam kampanye pemilihannya, Trump berjanji untuk melindungi pekerja Amerika dan untuk membangun kembali industri baja dan aluminium.

Kedua logam tersebut adalah “tulang punggung bangsa kita … landasan dasar pertahanan kita-industri”, kata presiden pada upacara penandatanganan hari Kamis.

Tarif baja: Apa dampaknya?
“Presiden kita yang terbesar dari Washington, Jackson, Lincoln, McKinley dan lain-lain – mereka melindungi negara kita dari pengaruh luar, dari negara lain masuk dan mencuri kekayaan kita dan mencuri pekerjaan kita dan mencuri perusahaan kita,” katanya.

“Dan kita akan bersikap sangat adil, kita akan sangat fleksibel, tapi kita akan melindungi pekerja Amerika, seperti yang saya katakan akan saya lakukan dalam kampanye saya.”

Koresponden mengatakan Mr Trump bertujuan untuk menarik para pemilih kerah biru di negara bagian seperti Pennsylvania yang berpaling dari Demokrat untuk mendukungnya pada tahun 2016.

Apa yang bisa terjadi selanjutnya?
Mr Trump mengatakan bahwa AS akan “menang besar” dalam perang dagang apapun.

Beberapa negara kemungkinan akan membawa AS ke pengadilan, dengan alasan bahwa keputusan tersebut melanggar peraturan Organisasi Perdagangan Dunia.

Gedung Putih, bagaimanapun, mengatakan bahwa alasan keamanan nasional untuk tindakan tersebut adalah “tidak dapat disangkal” dan pertimbangan keamanan nasional diizinkan berdasarkan peraturan WTO.

Direktur UK Steel mengatakan tarif akan berdampak besar dan merugikan pada sektor baja Inggris.

“Memaksakan tindakan semacam itu terhadap sekutu AS atas nama keamanan nasional sulit dipahami,” Gareth Stace menambahkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s